Di Balik Duri Yang Tajam, Lidah Buaya Punya 15 Manfaat Ajaib Bagi Kesehatan

gambar1

Lidah buaya (aka Aloe Vera) telah digunakan sebagai tanaman obat selama ratusan tahun di puluhan negara seperti Yunani, Mesir, Cina, Filipina, Jepang dan banyak lagi.

Tanaman yang terlihat mengerikan bila dilihat dari luar akibat memiliki duri tajam ini ternyata memiliki sifat menguntungkan yang sangat berkebalikan, untuk tubuh, baik secara internal maupun eksternal. Lidah buaya terkenal sebagai nutrisi penting untuk merawat rambut. Dan apabila diolah menjadi minuman, rasanya menggoda lidah.

gambar1

Berikut adalah 15 manfaat kesehatan dari Lidah buaya sebagaimana yang sudah dibuktikan oleh sains!


1. Lidah Buaya Membantu Memperbaiki Sistem Pencernaan Anda


Sistem pencernaan yang lemah dan tidak sehat terkait dengan banyak penyakit. Sistem pencernaan yang kuat dan berfungsi dengan baik adalah salah satu fondasi penting kesehatan. Lidah buaya digunakan untuk menghaluskan dan membersihkan saluran pencernaan dan membantu meningkatkan pencernaan. Hal yang luar biasa tentang penggunaan lidah buaya secara internal adalah membantu sembelit dan diare.

Lidah buaya membantu mengatur siklus pengeluaran kotoran Anda dengan berbagai cara yang mungkin Anda perlukan. Ini telah banyak digunakan oleh orang-orang dengan gerakan usus tidak teratur atau refluks asam. Lidah buaya juga membantu menghilangkan bakteri jahat di dalam usus kita dan mendorong sistem pencernaan yang sehat. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa lidah buaya telah terbukti memiliki sifat anti-parasit dan anti-mikroba. Ini dianggap pencahar pada parasit karena berbagai nutrisi dan komponennya. 

Intinya: Jika Anda mengalami kesulitan Buang Air Besar, diare, atau akibat parasit, lidah buaya dapat membantu Anda menyingkirkan masalah itu. Lidah buaya mengandung komponen dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan usus kita!


2. Lidah Buaya Dapat Digunakan Untuk Mempromosikan Penyembuhan Luka


Lidah buaya biasanya digunakan sebagai obat topikal, yang berarti itu digosokkan pada kulit dan bagian tubuh eksternal lainnya daripada diambil secara lisan. Lidah buaya telah lama digunakan untuk perawatan terutama luka bakar, luka, termasuk sunburns.

Pada tahun 1959, Badan Obat Federal Amerika Serikat menyetujui lidah buaya sebagai obat alami untuk luka bakar pada kulit. Studi menunjukkan bahwa itu adalah pengobatan topikal yang efektif untuk luka bakar tingkat pertama dan kedua. 

Beberapa penelitian tentang lidah buaya telah menemukan bahwa penerapan lidah buaya pada luka dapat mempercepat proses penyembuhan sebanyak 9 hari, lebih tinggi daripada obat konvensional lainnya. Ini sangat penting karena aplikasinya untuk mengambil daerah pedesaan jauh di mana obat pertolongan pertama untuk luka tidak dapat diakses.

Intinya: Lidah buaya telah digunakan oleh dokter kuno, terutama orang Cina, dalam mengobati berbagai penyakit. Namun, pemberitahuan khusus telah diberikan oleh penelitian modern pada aplikasi topikalnya. Memang, lidah buaya bisa mempercepat penyembuhan.


3. Lidah Buaya Mencegah Pembentukan Plak Gigi


Kebersihan mulut yang tidak sehat atau kesehatan mulut yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai penyakit gigi dan gusi. Mengurangi penumpukan plak di gigi adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, para peneliti membandingkan efektivitas jus lidah buaya dengan chlorhexidine obat kumur standar dengan meminta 300 peserta yang sehat untuk dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok kemudian diminta untuk mencoba salah satu dari dua alternatif.

Setelah 4 hari percobaan, mulut dari peserta yang berkumur dengan jus lidah buaya dan mulut dengan obat kumur chlorhexidine dilaporkan tidak memiliki perbedaan yang signifikan ketika datang untuk mempromosikan kesehatan mulut dan melawan plak. Banyak jenis penelitian lain juga memiliki hasil yang sama sehingga mendukung keyakinan bahwa lidah buaya dapat meningkatkan kesehatan mulut yang baik. 

Intinya: Jika Anda menemukan obat kumur komersial yang sangat mahal dan tidak terjangkau, menggunakan jus lidah buaya bisa sama efektifnya untuk mencegah penumpukan plak di gigi Anda.


4. Lidah Buaya Dapat Digunakan Untuk Mengobati Sembelit


Lidah buaya sering dipercaya oleh generasi yang lebih tua untuk melawan sembelit. Ini karena pemerhati obat tradisional percaya bahwa lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk sistem pencernaan, dan salah satu manfaatnya adalah melawan sembelit.

Namun, kali ini bukan gel atau daging lidah buaya yang memberikan manfaat, tetapi barbaloin. Barbaloin dapat ditemukan kebanyakan pada daun lidah buaya yang lebih muda. Barbaloin telah ditemukan oleh para peneliti untuk membantu meringankan fungsi ekskretoris dari sistem pencernaan.

Barbaloin, juga dikenal sebagai aloin diketahui memiliki sifat pencahar. Ini berarti bahwa ia memiliki kemampuan untuk membantu otot usus berkontraksi sehingga menghasilkan gerakan usus lebih halus dan lebih mudah. Ini dapat membantu orang yang mengalami konstipasi menemukan pelepasan dari rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penyakit.

Intinya: Jika Anda mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar, barbaloin atau aloin yang diekstrak dari daun lidah muda dapat menjadi perawatan yang bermanfaat dan efektif.


5. Ekstrak Lidah Buaya Dapat Digunakan Untuk Mencegah Keriput Dan Penuaan Kulit

Salah satu penyebab utama mengapa kulit menua dengan cepat adalah karena turunnya elastisitas sel-sel kulit dan serat. Salah satu alasannya adalah karena kurangnya kolagen dan kelembaban di kulit. Hal ini menyebabkan kulit melorot dan membuat orang menderita karena terlihat lebih tua dari usia mereka. 

Untungnya, penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki khasiat untuk membantu mencegah timbulnya penuaan kulit dini. Ada bukti yang menunjukkan bahwa lidah buaya yang dioleskan secara topikal dapat memperlambat penuaan kulit.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Soyun Cho pada tahun 2009, 30 wanita berusia 45 tahun ke atas diminta untuk menggunakan gel lidah buaya pada kulit mereka untuk melihat apakah itu akan bermanfaat bagi kulit subjek.

Selama dan setelah percobaan 90 hari, terlihat bahwa gel lidah buaya meningkatkan produksi kolagen kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini menghasilkan kulit tampak lebih muda dan kurang keriput di antara para peserta. 

Intinya: Jika Anda mulai melihat gejala penuaan kulit, mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit Anda pasti akan membantu Anda.


6. Minum Jus Lidah Buaya Menurunkan Gula Darah dan Mencegah Diabetes

Lidah Buaya telah digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit untuk waktu yang sangat lama. Masyarakat adat percaya bahwa lidah buaya dapat menakut-nakuti roh jahat yang berada di dalam tubuh dan menyembuhkan orang tersebut dari penyakit.

Salah satu penyakit tersebut adalah diabetes yang mematikan. Diabetes disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin dan yang lainnya dan berakibat meluapnya glukosa dan gula dalam aliran darah kita. 

Beberapa jenis penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi suplemen lidah buaya telah membantu subjek uji hewan dan manusia untuk memanfaatkan insulin dan pada saat yang sama meningkatkan kadar gula darah dalam aliran darah. Namun, penelitian lebih lanjut telah dilakukan pada kemampuannya untuk melawan Diabetes Tipe 2. 

Intinya: Diabetes dapat menjadi penyakit yang sangat mematikan bagi bukan hanya orang sakit tetapi juga bagi keluarga mereka. Untungnya, itu juga penyakit yang dapat dicegah dengan bantuan diet dan olahraga yang tepat, Aloe Vera dapat menurunkan kemungkinan Anda terkena diabetes.


7. Lidah Buaya Dapat Membantu Mouth Ulcers

Ulkus mulut adalah luka yang sangat umum dan biasanya tidak berbahaya yang terjadi di mulut kita. Ulkus mulut mungkin tidak berbahaya tetapi orang pasti tidak nyaman merasakannya. Sering terjadi di bibir, lidah, atau di dalam pipi. Rasa sakit biasanya hilang setelah satu atau dua minggu.

Sebuah penelitian baru-baru ini pada tahun 2013 telah menunjukkan potensi lidah untuk menyembuhkan bisul mulut lebih cepat daripada membiarkannya sembuh dengan sendirinya. Dalam penelitian yang dilakukan 180 individu dengan ulkus mulut berulang diberi patch Aloe Vera di daerah yang terkena. 

Hasil penelitian pada lidah buaya menghasilkan bahwa ukuran ulkus berkurang secara signifikan karena polisakarida Acemannan hadir dalam gel lidah buaya. Anehnya studi lain tidak hanya menunjukkan hasil yang sama tetapi juga menunjukkan kemampuan lida buaya untuk mengurangi rasa sakit ulkus mulut. 

Intinya: Jika Anda memiliki sariawan, mengaplikasikan lidah buaya ke dalamnya akan membuatnya cepat sembuh.


8. Minuman Lidah Buaya Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minuman yang dibuat dari jus lidah buaya memiliki komponen detoksifikasi alami yang secara efektif membersihkan sirkulasi dan sistem pencernaan. Lidah buaya mampu mempercepat tingkat penyerapan nutrisi oleh tubuh, ini menghasilkan sirkulasi darah yang lebih baik.

Lidah buaya juga meningkatkan tingkat nutrisi tubuh di dalam sel. Sel-sel sehat ini memastikan bahwa tubuh mampu melawan infeksi dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Lidah buaya mampu menetralisir bakteri berbahaya dengan menggunakan komponen antibakterinya. 

Sifat antioksidan dari lidah buaya membantu tubuh terlindungi oleh faktor lingkungan lain seperti stres, polusi dan banyak lagi. Polisakarida di dalam lidah buaya adalah komponen yang kuat melawan infeksi.

Intinya: Tanaman lidah buaya adalah tanaman yang sangat membantu ketika Anda membutuhkan booster kekebalan tubuh. Lidah buaya pasti akan menjauhkan Anda dari infeksi.


9. Gel Lidah Buaya Dapat Menjaga Makanan Anda Tetap Segar

Makan makanan yang tidak bersih atau sedikit busuk seperti buah dan sayuran akan menimbulkan risiko tinggi dan berbahaya bagi kesehatan kita. Itulah mengapa penting untuk menjaga makanan Anda tetap segar dan bersih setiap saat dengan menggunakan lemari es atau bahan kimia lainnya.

Sebuah studi 2014 oleh Universitas Cambridge mencicipi tomat yang dilapisi dengan gel dari lidah buaya. Penelitian menemukan bahwa lapisan lidah buaya telah membantu mencegah pertumbuhan banyak jenis bakteri berbahaya. 

Intinya: Jika Anda ingin agar makanan Anda tetap segar dan bebas bakteri, tetapi Anda tidak memiliki kulkas untuk dimasukkan ke dalamnya, maka lidah buaya dapat menjadi alternatif yang bagus untuk melakukannya.


10. Lidah Buaya Memiliki Potensi Untuk Mencegah Kanker Payudara


Kanker payudara atau sejenis kanker ganas yang berasal dari sel payudara. Ini adalah salah satu jenis kanker yang paling umum di antara pasien wanita dan kedua yang paling umum secara keseluruhan. Baru tahun 2012, 1,7 juta wanita di seluruh dunia telah terjangkit penyakit mematikan dan menakutkan ini.

Lidah buaya telah dikatakan telah mengurangi kemungkinan kanker payudara di antara orang-orang yang memiliki potensi untuk mendapatkan penyakit itu. Sebuah studi 2013 lalu oleh Organisasi Pengobatan Alternatif dan Evidence-Based Complementary di Amerika.

Para peneliti memang mampu memberikan bukti bahwa lidah buaya memang dapat mengurangi kemungkinan kanker payudara. Emodin, resin pencahar, di dalam lidah buaya diyakini berada di balik manfaat luar biasa ini.

Intinya: Kanker Payudara adalah hal yang menakutkan untuk dipikirkan. Namun, pada usia dini, baik wanita dewasa maupun wanita remaja seharusnya sudah menemukan cara untuk mencegahnya. Ekstrak lidah buaya menunjukkan potensi dalam membela wanita terhadap kanker ini.


11. Gel Lidah Buaya Dapat Digunakan Untuk Mencegah Dan Menyembuhkan Kerontokan Rambut


Alopecia, istilah untuk rambut rontok adalah hal yang umum namun memalukan. Hal ini paling umum di antara pria yang berusia di atas 40 tahun, ini karena ketidakmampuan kulit kepala mereka untuk menangani kehadiran dihidrotestosteron, atau bentuk patah dari testosteron. 

Lidah buaya telah dikenal oleh banyak budaya dan dokter pribumi sebagai solusi efektif melawan kerontokan rambut. Manfaat tersebut sangat terkenal sehingga banyak perusahaan produk rambut multinasional telah mengintegrasikan ekstrak lidah buaya ke dalam produk mereka.

Sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam International Journal of Pharmacology telah menunjukkan bahwa penerapan ekstrak lidah buaya pada kulit subjek uji mereka mendorong pertumbuhan kembali rambut. Studi ini menunjukkan bahwa hanya butuh 5 hari aplikasi untuk tanda pertama pertumbuhan kembali muncul. 

Intinya: Jika Anda mulai kehilangan rambut atau sudah kehilangan sebagian, menerapkan lidah buaya murni dan alami dapat membantu membalikkan kerontokan rambut Anda dan akhirnya mengembalikan kulit kepala Anda ke bekas tampilan awet muda.


12. Lidah Buaya Dapat Digunakan Untuk Meringankan Rasa Mulas


Gastroesophageal reflux disease atau yang lebih dikenal dengan GERD atau Heartburn adalah gangguan pencernaan. Ini mempengaruhi sfingter esofagus bawah, yang merupakan otot yang menghubungkan kerongkongan dan lambung. 

Penyakit gastroesophageal reflux sering dapat diobati dengan hanya memiliki perubahan gaya hidup atau diet yang lebih sehat. Namun, ada kasus di mana pasien perlu mengambil obat atau operasi untuk menyembuhkan GERD mereka. 

Intinya: Sebuah penelitian pada tahun 2010 menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 hingga 3 ons Gel lidah buaya setelah waktu makan dapat mengurangi intensitas GERD atau mulas. Penelitian yang sama menunjukkan manfaat sistem pencernaan lainnya yang dimiliki oleh lidah buaya. Level toxic lidah buaya yang rendah membuatnya menjadi obat yang lembut dan aman untuk mulas.


13. Gel Lidah Buaya Dapat Mencegah Jerawat


Manfaat kecantikan dari lidah buaya tidak terbatas. Itu sebabnya lidah buaya digunakan sebagai bahan aktif dalam pelembab, mencuci wajah, pelembab, lotion, sabun, dan banyak produk kecantikan lainnya. Hal ini disebabkan oleh pelembab lidah buaya, dan sifat kuratif.

Lidah buaya begitu kuat ketika datang untuk mempercantik corak yang bahkan Ratu Mesir Cleopatra diyakini telah menggunakan lidah buaya sebagai bagian dari rezim kecantikannya sehari-hari.

Lidah buaya mencegah jerawat dengan cara yang unik. Salah satunya adalah sifat antibakterinya mampu mencegah bakteri menginfeksi pori-pori. Sifat astringennya yang menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit, dan jika Anda memang memiliki jerawat, lidah buaya dapat membantu regenerasi kulit Anda lebih baik untuk menghindari bekas luka.

Intinya: Jika Anda ingin mencegah jerawat, maka gunakan gel lidah buaya di wajah Anda setiap hari.


14. Lidah Buaya Dapat Digunakan Sebagai Obat Herbal Untuk Melawan Kanker Lambung


Kita semua tahu kanker lambung sebagai sesuatu yang mempengaruhi pencernaan harian Anda. Kanker ini berasal ketika ada sel kanker yang tumbuh dengan cepat di lapisan lambung.


Gejala-gejala penyakit yang berbahaya seperti itu dapat berupa kurangnya nafsu makan, rasa sakit (hanya ketika tidak terdiagnosis untuk waktu yang lama), dan merasa kembung dan penuh. Menariknya, pilihan pengobatan untuk kanker lambung termasuk lidah buaya karena sifat sitotoksiknya yang kuat. Lidah buaya, seperti yang sudah Anda ketahui, adalah senyawa yang kuat dan anti-karsinogenik.

Lidah buaya memiliki banyak sifat herbal, termasuk pencegahan kanker payudara. Jadi Anda dapat menambahkan manfaat kesehatan ini ke daftar juga. Terakhir, lidah buaya memainkan peran penting dalam mencegah bisul lambung, masalah pencernaan, dan obesitas.

Intinya: Ekstrak herbal lidah buaya menunjukkan tanda-tanda positif mencegah dan menyembuhkan kanker lambung dan peradangan.


15. Ekstrak Leaf Lidah Buaya Membantu Menyembuhkan Psoriasis

Psoriasis ditandai dengan bercak kering, gatal, dan sensitif pada kulit. Ini merupakan kondisi kekebalan yang serius meningkat dengan kematian sel pada permukaan kulit. Ini adalah kondisi kulit yang tidak dapat diobati yang dapat diminimalkan, jika tidak sepenuhnya sembuh pada tubuh. 

Yang mengatakan, ekstrak lidah buaya juga menawarkan sifat magis mereka sendiri untuk pengelolaan psoriasis. Uji klinis yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak etanol lidah buaya memiliki kemungkinan 81% sifat antipsoriatik.

Penelitian lain yang terkontrol menemukan bahwa ekstrak lidah buaya yang digunakan pada kulit menunjukkan sifat antitoksik dan antipsoriatik dalam penyembuhan kondisi kulit ini. Ekstrak lidah buaya tidak memiliki efek samping sehingga dapat dianggap sebagai alternatif yang lebih aman dan lebih alami untuk menyembuhkan psoriasis. 

Intinya: Psoriasis ditandai dengan bertambahnya sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Hal ini menyebabkan patch kering dan gatal di lutut, telapak tangan, siku, dll. Dengan bantuan ekstrak lidah buaya, Anda dapat mengurangi intensitas psoriasis dari menjadi besar, plak merah.